Sepakat Ajukan Sandiaga-Mardani, Presiden PKS dan Prabowo Lobi Empat Parpol

Post Date : Kamis, 22 September 2016   | 13:06:06

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengatakan dirinya bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Rabu (21/9/2016) sore.

Pertemuan yang berlangsung dari sekitar pukul 17.00 WIB hingga waktu sholat Magrib tersebut membahas sejumlah poin terkait Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Kami membicarakan dua hal. Mematangkan kesepakatan Gerindra dan PKS. Kedua, membicarakan langkah-langkah untuk membangun kebersamaan dan kekuatan dengan empat partai lain agar Pilkada DKI lebih berkualitas," tutur Sohibul melalui pesan singkat, Kamis (23/9/2016).

Sohibul menegaskan, hingga saat ini Gerindra dan PKS sepakat mengusung Sandiaga Uno dan Mardani Ali Sera. Oleh karena itu, tugas keduanya adalah meyakinkan empat partai lain.

Empat partai tersebut adalah Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Insyaallah dalam sisa waktu ini kami bisa menemukan formula terbaik untuk sama-sama membangun Jakarta yang lebih baik," tutur dia.

Sebelumnya, empat partai mengadakan rapat konsolidasi di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Kabupaten Bogor, Rabu (21/9/2016) malam dan berakhir Kamis (22/9/2016) dini hari.

Rapat konsolidasi semalam dilakukan untuk mencari calon pasangan penantang bagi Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat yang telah mendaftar lebih dulu ke KPU DKI Jakarta. Rapat dipimpin langsung oleh SBY.

Dari foto yang dikirimkan internal Partai Demokrat, tampak hadir Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum PPP M. Romahurmuziy.

Lainnya, tampak elite Partai Demokrat seperti Sekjen Hinca Panjaitan, Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR Edhie Baskoro Yudhoyono, Ketua Dewan Pembina EE Mangindaan, Ketua Dewan Kehormatan Amir Syamsuddin, dan Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Nachrowi Ramli.