Media Headline News 14 Maret 2011

Post Date :2011-03-14 11:27:22

 

Statistik di atas menunjukkan intensitas berita di kolom headline yang dimuat 9 (sembilan) media cetak nasional. Berdasarkan informasi di atas diketahui bahwa pemberitaan seputar bencana tsunami Jepang masih  menjadi trending topic di beberapa media nasional. Setidaknya, 12 headline koran nasional di berbagai halaman, memuat berita mengenai implikasi bencana yang terjadi di Jepang terhadap perekonomian dunia. Meskipun akan mengalami penurunan produktivitas industri, ekonomi Jepang diprediksi dapat pulih dengan cepat. Kondisi ini diperkirakan tidak akan berdampak terlalu signifikan terhadap stabilitas pasar modal. Sebagai mitra perdagangan yang cukup strategis, kuantitas impor-ekspor antara Indonesia dan Jepang dinilai oleh ekonom hanya akan mengalami penyesuaian dengan jumlah yang sangat kecil.

Sementara itu, di urutan kedua, beberapa media menyoroti dampak sosial kemanusiaan atas tragedi bencana tsunami Jepang. Ancaman pencemaran radiasi nuklir akibat meledaknya salah satu reaktor di Fukushima, membuat Jepang melakukan berbagai upaya dekontaminasi. Isu pencemaran lingkungan yang sangat akut ini dimuat sebanyak 10 kali di kolom headline beberapa media cetak nasional.

Tidak kalah menarik, nasib WNI yang sedang berada di Jepang juga menghiasi headline beberapa media massa. Upaya evakuasi dan pendataan terus dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri melalui KBRI dan  bekerjasama dengan otoritas setempat. Sementara itu, respon pemerintah terhadap pemberitaan media asing juga turut mewarnai headline beberapa media massa. Kekecewaan dan protes keras pemerintah Indonesia , direspon dengan permintaan maaf oleh Dubes Amerika. Setara dengan isu reshuffle dan koalisi, topik-topik tersebut dimuat setidaknya dalam 5 kolom headline beberapa media cetak. 



>