Fadli Zon: Posisi Indonesia Sangat Penting Bagi Timor Leste

Post Date : Senin, 02 Juli 2018   | 07:22:31

VIVA – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai, kunjungan Presiden Republik Demokratik Timor Leste Francisco Guterres Lu Olo ke Indonesia, menunjukan bahwa posisi Indonesia bagi Timor Leste adalah negara yang sangat penting, karena langsung berbatasan dengan Indonesia.

Hal itu ia sampaikan saat mendampingi Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menerima kunjungan Presiden Timor Leste yang pertama kali ke Indonesia, sejak ia terpilih menjadi Presiden pada tahun lalu. Hadir dalam pertemuan itu sejumlah Pimpinan dan Anggota DPR RI.

“Selain itu, juga disampaikan bagaimana posisi strategis Indonesia bagi Timor Leste. Banyak persoalan historis yang dekat antara kedua negara. Saya kira itu adalah gesture politik yang bagus bagi hubungan diantara kedua negara yang memang sudah cukup bagus,” ucap Fadli di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat 29 Juni 2018.

Politisi Partai Gerindra itu menilai, meskipun hubungan antar kedua negara saat ini sudah relatif baik,  namun masih banyak hal yang bisa untuk ditingkatkan lagi.

Terkait upaya Timor Leste yang ingin dapat bergabung menjadi bagian dari negara - negara Anggota ASEAN, Fadli menegaskan bahwa sejak dahulu Indonesia sudah dalam posisi mendukung Timor Leste yang ingin menjadi Anggota ASEAN.

“Di Parlemen juga mereka menjadi calon anggota ASEAN Inter-Parliamentary Assemby (AIPA). Memang kita dalam posisi mendukung mereka menjadi Anggota ASEAN,” katanya. (dpr.go.id)

sumber : viva.co.id