Prabowo Sebut Indonesia Tak Dihormati, Ma'ruf Ungkit Peran RI untuk Rohingya

Post Date : Senin, 01 April 2019   | 04:29:58

Surabaya - Cawapres Ma'ruf Amin tidak sependapat dengan capres Prabowo Subianto terkait Indonesia tidak dihormati di luar negeri. Menurutnya, menjadi anggota tidak tetap di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) merupakan bukti Indonesia berperan aktif di dunia internasional.

"Saya kira tidak betul itu. Sekarang kan Indonesia menjadi anggota tidak tetap di Dewan Keamanan PBB. Kalau tidak dihormati kan tidak dipilih," ucap Ma'ruf di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (1/4/2019).


Ma'ruf mencontohkan hal lain yang menurutnya membuat Indonesia dipertimbangkan di mata dunia. Indonesia, menurut Ma'ruf, juga aktif berperan dalam menangani konflik di Rakhine State, Myanmar.

"Di Rohingya kita berperan, Menlu kita aktif sekali mengenai mengembalikan mereka yang di Rohingya itu dan akhirnya berhasil mengembalikan mereka di tempatnya di sana," kata Ma'ruf.

"Jadi saya kira tidak benar itu. Tidak menghormati itu, seperti apa?" uca Ma'ruf.

 


Seperti diketahui, Prabowo menyampaikan Indonesia tidak terlalu dihormati negara lain saat debat keempat di Hotel Shanri-La Sabtu (30/3).

"Saya kembali menganggap ada hal yang mungkin Bapak tidak merasakan bahwa sebenarnya kita tidak terlalu dihormati di luar Indonesia, kita tidak terlalu dihormati di luar Indonesia. Karena kita tahu, Indonesia ini ya selalu utang banyak, mata uang lemah, ya kan, impor makan, negara agraris impor makan, luar biasa. Di mana kita dihormati, maaf, pemerintah pasti protokol yang jemput. Kita rakyat biasa, kita tidak dihormati di ASEAN, kita tidak dihormati oleh komunitas," kata Prabowo.

 

sumber: detik.com